Penyakit Radang Panggul (PID)

00.57 , 0 Comments


Apa penyakit radang panggul?
Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi pada organ reproduksi pada wanita. Panggul terletak di perut bagian bawah dan termasuk saluran tuba, indung telur, leher rahim, dan rahim. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, kondisi ini adalah umum dan mempengaruhi sekitar satu juta wanita setiap tahun di Amerika Serikat (HHS, 2010).
Beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan PID, termasuk bakteri yang sama yang menyebabkan infeksi menular seksual (IMS) gonore dan klamidia. Apa yang biasa terjadi adalah bahwa bakteri pertama kali masuk vagina dan menyebabkan infeksi. Dengan berjalannya waktu, infeksi ini dapat pindah ke organ panggul.
Kondisi ini bisa menjadi mengancam-olah hidup sangat berbahaya-bahkan infeksi menyebar ke darah. Jika Anda mencurigai Anda mungkin memiliki infeksi, dokter Anda secepat mungkin.
Bagian 2 dari 8: RisikoFaktor risiko untuk penyakit radang panggul
Jika Anda memiliki gonore atau klamidia, risiko penyakit panggul meningkat inflamasi. Namun, Anda dapat mengembangkan PID tanpa harus IMS. Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit radang panggul meliputi:

    
berhubungan seks dan berada di bawah usia 25
    
berhubungan seks dengan lebih dari satu orang
    
seks yang tidak aman
    
menggunakan alat kontrasepsi (IUD) untuk mencegah kehamilan
    
douching
    
riwayat penyakit radang panggul
Bagian 3 dari 8: GejalaGejala penyakit radang panggul
Beberapa wanita dengan penyakit radang panggul tidak memiliki gejala. Untuk wanita yang memiliki gejala, ini dapat mencakup:

    
nyeri di perut bagian bawah (gejala yang paling umum)
    
nyeri di perut bagian atas
    
demam
    
seks menyakitkan
    
nyeri buang air kecil
    
perdarahan tidak teratur
    
nyeri punggung bawah
    
keputihan
    
kelelahan
Penyakit radang panggul dapat menyebabkan sakit ringan atau sedang. Namun, beberapa wanita memiliki sakit parah dan gejala, seperti:

    
nyeri di perut
    
muntah
    
pingsan
    
demam tinggi (lebih besar dari 101 F)
Jika Anda memiliki gejala yang parah, segera hubungi dokter atau pergi ke ruang gawat darurat. Infeksi mungkin telah menyebar ke aliran darah atau bagian lain dari tubuh Anda. Sekali lagi, ini adalah kondisi yang mengancam jiwa.
Bagian 4 dari 8: TesPengujian penyakit radang panggulMendiagnosis PID
Dokter Anda mungkin dapat mendeteksi PID setelah mendengar gejala. Tetapi pada kebanyakan kasus, dokter akan menjalankan tes untuk mengkonfirmasi diagnosis. Pengujian meliputi:

    
pemeriksaan panggul: tes untuk memeriksa organ panggul Anda
    
budaya serviks: tes untuk memeriksa leher rahim Anda untuk infeksi
    
tes urine: tes untuk memeriksa urin Anda untuk tanda-tanda darah, kanker, dan penyakit lainnya
Setelah mengumpulkan sampel, dokter mengirim sampel ke laboratorium.Menilai Kerusakan
Jika dokter Anda menentukan bahwa Anda memiliki penyakit radang panggul, ia dapat menjalankan tes lagi dan memeriksa daerah panggul Anda untuk kerusakan. PID dapat menyebabkan jaringan parut pada saluran tuba dan kerusakan permanen pada organ reproduksi Anda. Tes tambahan termasuk:

    
USG panggul: tes pencitraan yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar organ internal Anda
    
endometrium biopsi: prosedur rawat jalan di mana dokter menghilangkan dan memeriksa sampel dari lapisan rahim Anda
    
laparoskopi: prosedur rawat jalan di mana dokter memasukkan instrumen yang fleksibel melalui sayatan di perut Anda dan mengambil gambar dari organ-organ panggul Anda
Bagian 5 dari 8: PerawatanPengobatan untuk penyakit radang panggul
Dokter Anda akan cenderung telah Anda minum antibiotik untuk mengobati PID. Karena dokter Anda mungkin tidak tahu jenis bakteri yang menyebabkan infeksi Anda, ia mungkin memberikan dua jenis antibiotik untuk mengobati berbagai bakteri.
Dalam beberapa hari pengobatan awal, gejala Anda mungkin meningkatkan atau pergi. Namun, Anda harus menyelesaikan obat Anda. Menghentikan obat Anda dini dapat menyebabkan infeksi kembali.
Jika Anda sakit, hamil, tidak bisa menelan pil, atau abses (kantong nanah yang disebabkan oleh infeksi) di panggul, dokter dapat mengirimkan ke rumah sakit untuk perawatan.
Penyakit radang panggul mungkin membutuhkan pembedahan. Ini jarang terjadi dan hanya diperlukan jika abses pecah di panggul Anda (istirahat) atau dokter Anda mencurigai bahwa abses akan pecah.
Bakteri yang menyebabkan PID dapat menyebar melalui kontak seksual. Jika Anda aktif secara seksual, pasangan Anda juga harus diperlakukan untuk PID. Pria mungkin operator diam bakteri yang menyebabkan penyakit radang panggul. Jika pasangan Anda tidak diobati, infeksi Anda dapat kambuh. Jangan khawatir infeksi panggung bisa di atasi dengan herbal crystal x asli.
Bagian 6 dari 8: PencegahanCara untuk Mencegah penyakit radang panggul
Anda dapat menurunkan risiko PID oleh:

    
mempraktekkan seks yang aman
    
mendapatkan diuji untuk infeksi menular seksual
    
menghindari douche
    
menyeka dari depan ke belakang untuk menghentikan bakteri dari memasuki vagina
Bagian 7 dari 8: KomplikasiKomplikasi Jangka Panjang penyakit radang panggul
Jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki PID, membuat janji dengan dokter. Kondisi lain, seperti infeksi saluran kemih, dapat merasa seperti penyakit radang panggul. Namun, dokter Anda dapat menguji PID dan mengesampingkan kondisi lain.
Jika Anda tidak memperlakukan PID, gejala dapat memperburuk dan menyebabkan masalah, seperti:

    
infertilitas: ketidakmampuan untuk hamil anak
    
kehamilan ektopik: kehamilan yang terjadi di luar rahim
    
nyeri panggul kronis: nyeri di perut bagian bawah yang disebabkan oleh jaringan parut dari saluran tuba dan organ panggul lainnya
Infeksi juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Jika menyebar ke darah Anda, bahkan bisa menjadi mengancam kehidupan.
Bagian 8 dari 8: OutlookJangka Panjang-Outlook untuk penyakit radang panggul
Penyakit radang panggul adalah kondisi yang sangat diobati dan sebagian besar wanita membuat pemulihan penuh. Namun, sekitar 10 sampai 15 persen wanita dengan PID akan mengalami kesulitan hamil (CDC, 2011). Selain itu, sekitar sembilan persen wanita akan mengalami kehamilan ektopik, dan 18 persen wanita akan memiliki nyeri panggul kronis sebagai akibat dari PID (Berkeley County Departemen Kesehatan



ref:
http://www.healthline.com/health/pelvic-inflammatory-disease-pid#Outlook8

Oke pria4

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: